C. Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Upaya Pencegahanya

C. Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Upaya Pencegahan-nya

1. Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Kelainan atau penyakit dapat dibagi 3 berdasarkan penyebabnya, yaitu:
  1. Disebabkan Virus
  2. Disebabkan Jamur
  3. Disebabkan Bakteri

1. Penyakit sistem reproduksi yang disebabkan oleh virus:

a. Herpes Simplex Genitalis
Virus herpes
Sesuai dengan namanya penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe II. Penyakit ini menyerang kulit di daerah genitalia luar, bagian anus dan vagina. Gejala penyakit ini adalah seperti, gatal-gatal, pedih dan juga kemerah-merahan di kulit sekitar kelamin yang akan timbul luka dan lepuh kecil-kecil yang dapat pecah.

b. HIV/AIDS
Virus HIV
Penyakit HIV/AIDS ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus). Penyakit ini lebih dikenal dengan nama AIDS (acquired Immuno Deficiency Syndrome). sampai sat ini penyakit ini belum punya obat. Penyakit ini menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh penderita. Gejala dari penyakit ini adalah pada 5-7 tahun gejala masih belum terlihat, tetapi pada fase selanjutnya AIDS akan terdiagnosa ketika kekebalan tubuh turun drastis a korban mengalami penyakit baru seperti TBC, pneumonia, herpes, saraf terganngu dan lain-lain.

2. Penyakit sistem reproduksi yang disebabkan oleh Jamur:

a. Keputihan
Bakteri candida albicans
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur Candida Albicans. Gejala dari keputihan yaitu terdapat cairan putih ke-kuningan atau keabu-abuan pada vagina. Cairan tersebut dapat encer ataupun kental, berbau tidak sedap dan meyebabkan rasa gatal.

3. Penyakit sistem reproduksi yang disebabkan oleh Bakteri:

a. Gonorhoea (GO)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya menyerang daerah sekitar kelamin, dapat menyebar dan menyerang organ tubuh lain. Penyakit ini menyebabkan kebutaan pada bayi yang baru lahir/

b. Sifilis (Raja Singa)
Penyakit sifilis disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Gejala dari penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya menyerang daerah sekitar kelamin. Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada organ yang diserang.
Previous
Next Post »